Kamis, 23 Oktober 2014

Teknik Diving Atau Menyelam Yang Benar

  Teknik Diving Atau Menyelam Yang Benar- Diving adalah kegiatan menyelam dengan menggunakan peralatan selam lengkap seperti Fin, Mask, Tabung Osigen beserta regulator. Sebenarnya olahraga diving adalah olahraga yang aman asalkan dilakukan dengan teknik yang benar. Di indonesia ini sering sekali kedatangan wisatawan dari berbagai negara hanya untuk menikmati keindahan bawah laut di Indonesia. Hal ini  dikarenakan beberapa tempat di indonesia seperti di wakatobi atau di raja ampat memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Jika sobat tertarik untuk menikmati keindahan bawah laut, maka harus menguasai teknik diving atau menyelam yang benar terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapateknik diving atau menyelam yang benar yang sebaiknya sobat kuasai:
Teknik Diving Atau Menyelam Yang Benar
Teknik Diving Atau Menyelam Yang Benar

1. Teknik Menjernihkan Masker
Teknik diving yang pertama ini adalah teknik dasar yang harus dikuasai oleh semua penyelam. Caranya dengan menghirup udara lewat mulut, kemudian sesaat sebelum menghembuskan udara lewat hidung bagian bawah dari masker dibuka sedikit agar udara yang terperangkap dapat keluar
2. Teknik Regulator Recovery
Ketika saat sobat menyelam mouthpiece terlepas maka jangan panik. Untuk mengatasinya bisa dengan cara menggerakan tangan dari depan sampai kepaha (seperti membuat lingkaran) hinnga menyapu selang regulator.
3. Teknik Regulator Clearing
Teknik diving yang ketiga ini dilakukan ketika selang mengalami kebocoran hingga menyebabkan air masuk kedalam. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan menekan tombol purge. Tombol purge tersebut berfungsi untuk mengeluarkan air secara otomatis dari regulator.
4. Teknik Naik Ke Permukaan
Jika sobat menyelam yang cukup dalam maka perlu menggunakan teknik yang benar ketika akan naik ke permukaan. Hal ini dilakukan untuk menghindari dari resiko cidera. Ketika akan naik kepermukaan harus mempertimbangkan kecepatan, yaitu sekitar 9 m /mnt. Selain itu juga harus menjaga nafas dalam keadaan normal (jangan ditahan). Ketika sudah mencapai 5 meter sebelum permukaan, berhentilah terlebih dahulu pastikan keadaan di atas permukaan aman.
5. Teknik Berenang
Teknik diving yang terakhir yaitu teknik berenang. Sama seperti halnya dalamsnorkeling, ketika menyelam juga mengandalkan tenaga dari ayunan kaki. Ketika mengayunkan kaki perhatikan ritmenya jangan terlalu kencang karena hanya akan menguras tenaga. Penggunaan tangan hanya untuk melakukan manuver saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar