Rabu, 26 November 2014

pengetahuan akademis penyelaman (PAP)

Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP)

Menyelam mirip dengan terjun payung. Keduanya mengandung derajat bahaya yang tinggi, terutama bila dilakukan dengan ceroboh tanpa ditunjang oleh stamina, mental dan fisik yang memadai, serta pendidikan dan latihan yang tekun. Pengetahuan Akademis Deskripsi merupakan bekal teoritis yang harus dimiliki oleh setiap penyelam agar ia belajar memahami baik piranti yang digunakan, batas kemampuan fisik manusia dalam arti cara kerja tubuh terhadap pengaruh-pengaruh yang timbul dari aktivitas selam, penerapan hukum-hukum fisika dalam penyelaman, daerah dan kondisi penyelaman, dan sebagainya, yang akan membantunya menjadi penyelam yang kompeten dan dapat melakukan penyelaman dengan aman dan penuh percaya diri.

Latihan Ketrampilan Kolam

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan ketrampilan-ketrampilan praktek selam setahap demi setahap, dari manuver yang paling sederhana sampai pada yang paling sulit dan rumit, dengan metode yang tertib, konsisten dan sederhana, di perairan tertutup, sedemikian rupa sehingga pada akhirnya ketrampilan tersebut dapat dikuasai oleh siswa sebagai perilaku yang bersifat naluriah.

 Latihan Perairan Terbuka
Latihan praktek di bidang penyelaman yang sesungguhnya yang merupakan perwujudan dari perpaduan hasil penguasaan teori dan ketrampilan teknis penyelaman dari latihan sebelumnya, baik di kelas maupun di perairan terbuka. Semakin intensif berlatih di perairan terbuka, diharapkan akan menjadi semakin tangguh dan semakin sadar akan kemampuan dan keterbatasan diri terhadap lingkungan bawah permukaan air, serta semakin mampu menghayati kenyamanan dalam melakukan aktivitas tersebut.

Post-test
Pada akhir proses pendidikan dan pelatihan diselenggarakan evaluasi berupa test-test, baik untuk bidang PAP, LKK, maupun LPT, sehingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan tentang tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh siswa selama mengikuti proses belajar-mengajar dalam pendidikan dan pelatihan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar