Selasa, 04 November 2014

cara mendapatkan sertifikat diving

Untuk bisa mengikuti pelatihan sertifikasi diving pemula dari PADI,  Anda harus memenuhi beberapa persyaratan meliputi persyaratan umur, persyaratan fisik dan persyaratan waterskill (kemampuan di air).
Berikut ini adalah persyaratan untuk mengikuti pelatihan diving:
Persyaratan Umur:
  • Mimimum berusia 10 tahun
  • Para peserta yang lebih muda dari 15 tahun dan sukses menyelesaikan pelatihan PADI Open Water Diver berhak atas  sertifikat PADI Junior Open Water Diver, yang dapat di-upgrade menjadi PADI Open Water Diver saat Anda berusia 15 tahun.
Baik Junior Diver maupun yang dewasa mempunyai persyaratan pelatihan diving yang sama, kecuali untuk kedalaman. Peserta berusia 10 – 11 tahun, hanya diperbolehkan menyelam sampai kedalaman 12 meter saja, sedangkan yang berusia 12 tahun atau lebih tua dapat menyelam sampai 18 meter.
Persyaratan Fisik:
Untuk keselamatan, semua peserta harus  melengkapi Scuba Medical Questionnaire (Klik di sini) yang menanyakan tentang kondisi-kondisi medis yang bisa menjadi masalah saat Anda melakukan penyelaman. Jika Anda menjawab TIDAK (NO) untuk semua pertanyaan, Anda cukup menanda-tangani formulir tersebut dan Anda dapat memulai pelatihan dengan segera. Bila ada satu atau beberapa pertanyaan Anda jawab YA (YES), maka Anda perlu pemeriksaan dokter yang menyatakan anda fit untuk diving atau tidak. Jadi dokter akan menilai kondisi Anda terutama yang berhubungan dengan penyelaman dan menanda tangai suatu formulir medis yang mengkonfirmasikan bahwa anda boleh melakukan penyelaman atau tidak boleh menyelam. Jika Anda tidak yakin akan kondisi kesehatan Anda, silahkan kontak kami untuk mendapatkan lembar pemeriksaan dan panduan pemeriksaan kesehatan yang diterbitkan oleh RSTC.
Di beberapa negara, hukum atau peraturan lokal mengharuskan semua peserta pelatihan menyelam wajib berkonsultasi denga dokter sebelum memulai pelatihan menyelam. NegaraAustralia menerapkan peraturan ini.
Persyaratan Waterskills:
Sebelum menyelasaikan pelatihan PADI Open Water Diver, instruktur anda akan meminta Anda untuk menunjukkan kemampuan waterskill dasar yang meliputi :
  • Berenang 200 metres/yards tanpa alat bantu (Mask, snorkel dan fin)  atau berenang 300 metres/yards dengan Mask, snorkel dan fin. Kemampuan ini tidak ada batas waktunya dan anda boleh menggunakan gaya renang yang anda inginkan.
  • Mengapung air (survival float) selama 10 menit. Untuk kemampuan ini Anda dapat menggunakan metode yang anda inginkan.
Kenyamanan Anda di air akan sangat menentukan kesuksesan pelatihan diving yang Anda ikuti. Banyak anggapan bahwa untuk diving Anda tidak perlu bisa berenang. Ini adalah anggapan yang keliru. Selama pelatihan diving, Anda akan belajar bagiamana berenang secara mandiri di permukaan dan di bawah air, serta belajar tindakan – tindakan darurat yang harus dikuasai jika terjadi masalah selama penyelaman.
Selain itu, setelah Anda resmi menyandang sertifikat Open Water Diver, Anda bisa menyelam secara independen (mandiri) dengan buddy Anda sepanjang memenuhi kondisi tertentu misalnya pemahaman atau familiaritas terhadap lokasi penyelaman, kemampuan diving dan lain – lain. Jadi kemampuan dan kenyamanan anda di air merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang penyelam.
Sumber. http://scuba-mania.com/2013/01/01/persyaratan-sertifikasi-diving

Tidak ada komentar:

Posting Komentar